Penyebab Albumin Rendah

Jangan Sepelekan, Kenali 6 Penyebab Albumin Rendah dan Dampaknya bagi Kesehatan

Penyebab albumin rendah – Tahukah Anda bahwa albumin di dalam tubuh ternyata memainkan peran penting untuk kesehatan? Kekurangan albumin atau kadar albumin rendah di tubuh Anda dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang tentu tidak diinginkan.

Kondisi albumin rendah dikenal juga dengan istilah medis yaitu hipoalbuminemia yang dapat disebabkan oleh berbagai macam hal tentunya. Sebagai informasi, albumin sendiri merupakan segala jenis protein yang membentuk plasma darah dan dihasilkan oleh organ hati atau liver.

Albumin memiliki banyak fungsi bagi tubuh, namun sebagai fungsi utamanya ialah dalam rangka menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke organ-organ tubuh atau tekanan osmotik sel darah merah. Selain itu, albumin juga berperan dalam berbagai hal seperti membawa berbagai zat penting yang dibutuhkan tubuh seperti hormon, vitamin, enzim, hingga zat obat.

Baca Juga: Mengapa Albumin itu Penting sebagai Nutrisi? Simak Jawabannya

Mengenal Kondisi Albumin Rendah

Kondisi albumin yang rendah bisa saja terjadi pada seseorang termasuk Anda karena beragam sebab. Melansir Healthline, tingkat albumin normal seseorang pada umumnya membutuhkan 3,5 – 5,9 gram per desiliter (g/dL). Tanpa kadar albumin yang cukup, tubuh Anda nantinya tidak bisa menahan cairan tubuh agar tidak keluar dari pembuluh darah.

Tingkat kadar albumin di bawah 3,5 (g/dL) maka dianggap memiliki kondisi albumin yang rendah dan bisa menjadi indikasi dari suatu kondisi medis tertentu yang mendasari akan hal tersebut. Jika Anda memiliki kadar albumin yang kurang atau rendah maka bisa disebut mengalami hipoalbumin.

6 Penyebab Albumin Rendah

Kekurangan albumin atau kadar albumin rendah dapat disebabkan oleh banyak faktor atau penyebab yang mungkin saja terjadi. Berikut beberapa penyebab albumin rendah yang sering tejadi pada banyak orang:

1. Adanya Gangguan Hati atau Penyakit Hati

Penyebab penurunan kadar albumin yang pertama ialah adanya gangguan hati atau penyakit hati. Organ hati diketahui sebagai sumber dalam proses produksi albumin di dalam tubuh manusia. Apabila organ hati mengalami gangguan kesehatan maka hal tersebut dapat menurunkan kadar albumin di dalam tubuh secara drastis.

Beberapa penyakit hati yang bisa jadi penyebab albumin rendah pada tubuh seseorang di antaranya yaitu penyakit sirosis hati, gagal hati, kanker hati, hepatitis, kerusakan hati karena alkohol, hingga kondisi hati yang berlemak.

2. Terjadinya Malnutrisi dan Kekurangan Vitamin

Sudah tahukah Anda bahwa malnutrisi dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan albumin menjadi rendah? Ya, penyakit kekurangan asupan nutrisi ini disebut juga dengan Kwashiorkor. Penyakit ini merupakan malnutrisi dengan penurunan asupan protein dan defisiensi asam amino yang dapat mengakibatkan hipoalbuminemia dengan gambaran fisik yang dapat dilihat. Hal ini merupakan salah satu contoh ekstrem malnutrisi dapat menyebabkan kekurangan albumin.

3. Mengalami Cedera Luka Bakar Serius

Gambar 2 - Penyebab Albumin Rendah
Ilustrasi Cedera Luka Bakar

Musibah atau kecelakaan cedera luka bakar serius juga dapat menjadi salah satu penyebab albumin rendah di dalam tubuh. Diketahui bahwa kulit merupakan tempat zat albumin disimpan di dalam tubuh Anda. Apabila kulit mengalami cedera atau luka bakar serius maka albumin di dalamnya juga dapat hilang.

4. Adanya Penyakit atau Kerusakan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang penting untuk menyaring darah dan senyawa beracun yang nanti akan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Melansir Medical News Today, kerusakan atau penyakit ginjal dapat menyebabkan sebagian besar protein menjadi lepas ke urine. Dengan begitu maka ginjal akan mengambil albumin dari aliran darah yang menyebabkan terjadinya kekurangan albumin atau hipoalbumin.

5. Penyakit Radang Usus

Berbicara tentang nutrisi untuk tubuh maka tidak akan terlepas dari peran sistem pencernaan yang baik. Penyakit radang usus atau dikenal dengan istilah medis celiac dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi kehilangan banyak zat protein. Dengan begitu maka dapat menimbulkan sindrom kehilangan protein yang bisa menjadi penyebab albumin rendah.

6. Memiliki Gangguan Jantung

Apabila Anda memiliki riwayat sakit jatung sebaiknya perlu waspada dan hati-hati terhadap kondisi penurunan kadar albumin. Melansir Cleve Land Clinic, penyakit gangguan jantung seperti gagal jantung dapat menjadi salah satu penyebab albumin rendah yang tidak banyak disadari. Hal ini dapat memicu terjadinya kolaps sirkulasi tubuh sehingga albumin menjadi rendah. Biasanya risiko terjadi hipoalbuminemia lebih meningkat pada orang-orang usia lanjut atau lansia.

Dampak Albumin Rendah bagi Kesehatan

Gambar 3 - Penyebab Albumin Rendah
Ilustrasi Dampak Albumin Rendah

Kondisi kekurangan albumin atau albumin rendah yang tidak segera tertangani dengan baik dapat berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa menimbulkan permasalahan yang serius menyangkut keselamatan nyawa. Berikut beberapa dampak albumin rendah bagi kesehatan Anda:

  • Terjadi infeksi paru-paru atau pneumonia
  • Adanya penumpukan cairan di sekitar paru atau efusi pleura
  • Bisa terjadi penumpukan ciaran di area rongga perut atau asites
  • Otot tubuh menjadi melemah dan kecil atau atrofi
  • Membuat obat yang Anda konsumsi menjadi kurang efektif karena penurunan kemampuan distribusi zat oleh albumin di tubuh
  • Untuk pasien kritis dengan penyakit berat seperti gagal ginjal dapat memperburuk keadaan kesehatan sehingga mudah “drop” atau bahkan kematian

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Albumin dan Perannya untuk Daya Tahan Tubuh

Cegah Kondisi Albumin Rendah dengan Cukupi Nutrisi Protein Tinggi dari Sumber Bahan Alami

Banyak orang memang belum menyadari betul pentingnya kecukupan albumin di dalam tubuh untuk menunjang kesehatan. Nah, setelah mengenal kondisi, penyebab, dan dampak albumin rendah tentunya Anda menjadi semakin sadar dan paham akan peran albumin untuk tubuh.

Sebenarnya untuk mencegah kadar albumin menjadi rendah, Anda bisa mengonsumsi aneka makanan yang bernilai gizi tinggi dari sumber hewani atau nabati. Beberapa contoh sumber makanan yang kaya akan kandungan albumin seperti daging sapi segar, telur, ikan, susu, hingga produk keju.

Sebagai fakta menarik, orang yang mengonsumsi cukup protein dalam kesehariannya maka biasanya juga mendapatkan kecukupan albuimin juga. Meski begitu, kondisi kesehatan tertentu juga menentukan kadar albumin meski Anda sudah mencukupinya dari sumber makanan.

Meski begitu, tidak sedikit orang juga yang jenuh atau bosan jika mengonsumsi sumber albumin dari makanan seperti telur atau daging setiap harinya terlebih orang yang memiliki kondisi sakit. Untuk menjawab permasalahan ini, Fitbumin Haruan hadir sebagai sumber protein albumin praktis yang dapat dikonsumsi secara praktis dan mudah di bawa ke mana-mana.

Untuk Anda yang memiliki kondisi penyakit tertentu, Fitbumin harus dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang percepatan penyembuhan beragam penyakit seperti TBC, kanker, diabetes, hingga penyakit yang membutuhkan terapi hipoalbumin.

Dengan mengonsumsi Fitbumin Haruan, Anda bisa secara nyata mencegah terjadinya kondisi albumin rendah atau hipoalbumin sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Itulah ulasan mengenai kenali 6 penyebab albumin rendah dan dampaknya bagi kesehatan yang jangan sampai Anda sepelekan. Cara mendapatkan dan membeli Fitbumin Haruan bisa Bunda klik tautan berikut ini!

Sumber: Fitbumin.com