Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Penelitian antara PT MMP dan FK USU

Berawal dari diskusi yang dilakukan di awal Januari 2020 lalu antara Scientific Affairs Manager dari PT Mega Medica Pharmaceuticals (MMP), Guntur Berlian M.Si, dengan Dr. rer. medic. dr. M. Ihwan, M.Sc, dari Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU), rencana kerjasama penelitian antara MMP dan FK USU mulai disusun. Sebagai tindak lanjut dari diskusi tersebut, pada hari Rabu, 12 Februari 2020 bertempat di Gedung FK USU, Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang melibatkan PT MMP dan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Tissue Enggineering FK USU telah selesai ditandatangani. Secara simbolis, PKS tersebut ditandatangani oleh Direktur PT MMP, Drs Sutristo, dan Ketua PUI FK USU, Prof. Dr. dr. Delfitri Munir Sp. THT-KL(K).

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. dr. Delfitri Munir Sp. THT-KL(K) menyampaikan sambutan positifnya terhadap rencana kerjasama penelitian ini. Beliau menilai kerjasama seperti ini memiliki nilai yang sangat strategis untuk dikembangkan bersama, dan selain itu, hal ini juga sangat sesuai dengan semangat kolaborasi antara akademisi dan pihak swasta yang selama ini masih sering dikerjakan sendiri-sendiri. Menyambung sambutan tersebut, Direktur MMP juga menambahkan bahwa pihaknya sangat antusias terhadap kerjasama ini. Beliau meyakini bahwa hasil kerjasama tersebut akan membawa banyak manfaat bukan hanya untuk kedua belah pihak, tapi juga masyarakat secara umum.

Sebagai perusahaan yang berfokus pada pengembangan produk obat dan suplemen berbasis ikan gabus (Channa striata), PT MMP menawarkan kerjasama penelitian untuk mengevaluasi potensi empat produk unggulannya, yaitu Channa Immuno, Channa Film, Channa Centella dan Channa Bajakah, dalam aktivitasnya sebagai  imunomodulator, penyembuhan luka, perbaikan memori dan anti-kanker. Kerjasama ini diproyeksikan akan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik dari sisi dukungan dana penelitian serta pemanfaatan bersama dari data hasil penelitian yang didapat.

Foto Bersama. Kiri-Kanan: dr. M. Ihwan, Guntur Berlian, Sutristo, dr. Delfitri Munir, Asep Aripin, dr. Nuraiza Meutia

Sebagai kelanjutan dari penandatanganan PKS yang akan menaungi semua proyek penelitian bersama tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk segera menyusun dan mendiskusikan proposal dan addendum PKS yang akan membahas lebih detail terkait teknis dari masing-masing proyek penelitian. Di bagian penutup, kedua belah pihak menyatakan harapannya agar kerjasama ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *